Jumat, 11 Oktober 2013

Aku dan Kosmetik Halal | Kosmetik Yang Halal, Kosmetik Yang Aman

Aku terlahir dengan warna kulit yang gelap atau sawo matang yang merupakan warna kulit asli orang Indonesia. Dan aku bangga dengan warna kulitku! Meski banyak wanita yang ingin terlihat putih, bagiku selama aku terlahir sehat itu sudah cukup bagiku. Waktu kecil aku sering dipanggil 'si itam manis', dan itu sudah cukup membuatku senang. Aku sedari kecil tidak suka berdandan. Dan saking tidak pedulinya aku dengan penampilan, aku tidak pernah menggunakan kosmetik apapun, bahkan bedak sekalipun. Pernah suatu hari ketika aku akan berangkat ke sekolah, seorang ibu tetangga sebelah rumahku menegurku.


"Wi, kalau mau ke sekolah pakailah bedak, biar kelihatan lebih segar," katanya.

"Sama aja kali Bu, pakai bedak gak pakai bedak," sahutku.

"Beda Wi, buktinya Ibu tau kalau kamu tidak menggunakan bedak, terkesan kalau kamu belum mandi gitu," balas si Ibu.

"Ih, Ibu ini ada-ada saja. Biarkan sajalah wajah saya apa adanya aja Bu," jawabku lagi sambil tertawa dan melambaikan tanganku hendak pamit sama Ibu tetanggaku itu. Dan si Ibu tetangga hanya menggeleng-gelengkan kepalanya sambil menatapku pergi.

Pernah juga teman di sekolah memamerkan bedak, lotion dan parfum yang mereka gunakan. Dan mereka menawarkan aku untuk ikut menggunakannya. Namun aku menolak dan bilang tidak berminat dengan hal-hal seperti itu.

Tapi semua itu langsung berubah drastis ketika aku mengalami puber pertamaku di kelas 3 SMP. Aku naksir seorang cowok, teman sekelasku. Dan sebagaimana layaknya anak remaja yang lagi puber, tentu saja aku berusaha tampil cantik untuk bisa menarik perhatiannya :)

Mulailah aku melirik produk-produk kecantikan, seperti bedak, handbody lotion dan parfum. Pertama aku menggunakan bedak yang direkomendasikan oleh teman sebangkuku, handbody yang banyak digunakan oleh teman-temanku dan juga parfum yang ku anggap sesuai dengan seleraku yang banyak di jual di toko-toko. Merasa tidak cocok dengan produk bedak merk X aku pindah ke produk merk lainnya, begitu terus berulang-ulang. Alhasil wajahku yang semula halus mulus berubah jadi berjerawat. Walaupun jerawatnya tidak separah seperti temanku yang berjerawat 'batu' (sedangkan aku cuma jerawat kecil-kecil) namun itu cukup membuat aku panik! karena aku tidak pernah berjerawat sebelumnya. Ada sedikit sesal menyesak di dada, mengapa aku mau coba-coba produk-produk kosmetik yang tidak jelas itu, sehingga merusak kulit wajahku :(

Beberapa teman bilang mungkin produk kosmetik yang aku gunakan tidak cocok dengan kulit wajahku. Ada juga yang bilang mungkin karena aku lagi puber sehingga hormon ditubuhku meningkat dan hasilnya yah itu, jerawat! Ada teman yang menganjurkan untuk menggunakan masker untuk mengatasi hal ini. Bahkan semua saran dari teman-teman untuk mengatasi wajahku yang berjerawat telah kulakukan, namun semua tidak ada hasilnya. Jadilah aku pasrah dengan keadaan wajahku. Dan ini berlangsung sampai aku kuliah, walaupun sempat sesekali mencoba produk-produk baru untuk mengatasi jerawat yang muncul di iklan-iklan. Namun semuanya tetap tak ada perubahan.

Saat di bangku kuliah aku mulai tergoda untuk menggunakan kosmetik lagi. Berteman dengan teman-teman kuliah yang kelihatan tampil segar dan percaya diri dengan dandanan mereka, membuat aku mau tak mau ingin juga bisa tampil seperti mereka. Aku yang sudah berhijab semenjak menginjak bangku kuliah mulai mencari produk-produk kosmetik halal karena halal is my life! dan tentu saja juga aman untuk kulit wajahku yang sensitif ini.

Dan ketika akhirnya aku menemukan Wardah kosmetik halal yang aman dan ternyata cocok dengan kulit wajahku, aku senang sekali! Apalagi ternyata produk yang aku gunakan terjamin kehalalannya karena tercantum label sertifikat halalnya bukan hanya karena halal di bibir saja :)



Kulit wajahku sedikit demi sedikit mulai bersih dan terasa segar. Ternyata aku bisa tampil cantik dengan produk kosmetik halal! Aku mulai tampil percaya diri! Wajah yang segar dan tampilan yang percaya diri bisa membantuku dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Beberapa teman bahkan memujiku. Mereka mengatakan bahwa sekarang wajahku terlihat lebih segar dan kinclong! :)

Padahal sehari-harinya aku hanya menggunakan make up yang soft dan tidak terlalu mencolok sehingga aku tetap bisa menampilkan sisi natural dari wajahku. Pertama aku bersihkan wajah menggunakan facial foam lalu oleskan krim wajah untuk siang hari, selanjutnya oleskan pelembab lalu sapu tipis wajah dengan bedak padat, lalu gunakan eyeliner atau crayonliner disepanjang pinggir kelopak mata, oleskan lipstik pada bibir dan dilapisi sedikit lipgloss agar bibir tidak kelihatan kering. Untuk datang ke acara-acara yang lebih formal atau pesta terkadang aku suka menambahkan sedikit blash on di pipi, eye shadow yang sesuai dengan warna baju yang saya pakai dan juga maskara untuk mempermanis bentuk mata dan tak lupa merapikan alis mengunakan pensil alis :)

Ada juga yang menanyakan, aku menggunakan produk kosmetik apa? atau ada juga yang menanyakan apakah aku menggunakan kosmetik pemutih wajah? Aku pun tersenyum dan mengatakan aku cuma menggunakan kosmetik halal merk Wardah. Sebagian dari mereka percaya namun sebagian lainnya sepertinya tidak percaya. Aku pun menjelaskan pada mereka bahwa Wardah adalah kosmetik halal dimana Wardah punya 3 prinsip, yaitu :

1. Pure and Safe

Produk Wardah mengandung bahan baku yang aman dan halal, diciptakan untuk kenyamanan dan ketenangan wanita yang menggunakannya. Kulit wanita Asia yang cenderung lebih tipis, sehingga sensitif dan rentan terhadap faktor luar sehingga membutuhkan perawatan dengan perlindungan menyeluruh menjadi landasan konsep kecantikan Wardah.

Wardah menyatukan konsep teknologi terbaru, formulasi sesuai international dermatologist standard dengan bahan-bahan alami yang berkualitas serta aman. Proses produksi melalui uji pengawasan seksama dari para ahli dan dokter kulit.

Sebelum product launching, adalah sebuah keharusan untuk Wardah mengadakan blind test agar produk yang dihasilkan benar-benar berkualitas dan aman. Karena keamanan konsumen menjadi prioritas utama dan satu unsur yang tidak bisa diganggu gugat. Produk Wardah tidak mengandung Hydroquinon, lembut dan diformulasikan secara tepat.


2. Beauty Expert

Citra awal Wardah sebagai kosmetik ditujukan untuk wanita muslim telah berkembang menjadi produk yang dapat dinikmati oleh kalangan yang lebih luas.Wardah percaya bahwa menjadi cantik itu universal.

Wardah selalu berinovasi serta berkreasi menjawab setiap kebutuhan. Mulai dari serangkaian kosmetik yang efektif membingkai wajah dengan warna-warna segar hingga produk perawatan kulit berkualitas tinggi.

Wardah memastikan bahwa setiap sapuan warna, bubuhan bedak atau polesan shading lembut dapat semakin menguatkan karakter wanita tersebut.


3. Inspiring Beauty.

Dari tahun 1995 hingga saat ini, Wardah selalu meyakini kecantikan yang menginspirasi. Bagi wanita Wardah, kosmetika tidak hanya untuk tubuh akan tetapi juga untuk jiwa. Kecantikannya membuat ia merasa mencintai diri sendiri, sebanyak dan sedalam dia mencintai orang-orang di lingkungan sekitarnya. Menjadi cantik dapat dilakukan oleh siapapun dengan mudah. Namun sekaligus memberi inspirasi, harus tulus berawal dari hati.


Penjelasan diatas cukup meyakinkan teman-temanku untuk mau beralih ke produk kosmetik yang aman dan halal. Apalagi penduduk Indonesia yang mayoritas muslim pastilah sangat menginginkan produk-produk yang mereka gunakan halal. Hingga sekarang aku masih menggunakan produk-produk kosmetik yang halal khususnya Wardah. Beberapa teman yang lama tidak berjumpa denganku bahkan pangling melihat wajahku :)

Semoga saja pengalamanku di atas bisa menginspirasi bagi wanita dimanapun engkau berada. Bahwa kecantikan bisa didapatkan secara mudah, murah dan juga halal. Kecantikan bukan saja berasal dari luar atau penampilan fisik semata namun untuk cantik sempurna harus dibarengi dengan kecantikan yang terpancar dari dalam diri kita.

Berbagi pengalaman dan cerita kepada semua orang bahwa segala hal yang halal itu adalah aman untuk kita, sudah membantumu untuk berbuat baik pada sesama dan akan memancarkan selarik cahaya kecantikan dari dalam dirimu. Semoga di kemudian harinya akan tumbuh produk-produk halal lainnya yang peduli akan keamanan dan kesehatan penggunanya ... seperti Wardah :) Amiin...


Sumber : www.wardahbeauty.com

www.halalmui.org

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar