Rabu, 01 Juli 2020

Sinar Mas Land Ajak Masyarakat Manfaatkan Limbah Rumah Tangga melalui Festival Hijau


Festival Hijau BSD Ke-17

Biasanya sampah rumah tangga langsung kamu buang begitu saja ke tempat sampah, atau kamu pilah-pilah dulu? Eh, atau ada nih yang main buang sampah aja sembarangan? Duh, sebaiknya kebiasaan membuang sampah sembarangan ini jangan diteruskan lagi ya, karena akan sangat berdampak pada lingkungan.

Baidewei, pasti sudah tau dong dengan Sinar Mas Land. Yup, Sinar Mas Land adalah salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia. Udah banyak produk properti yang dibangun dan dikembangkan oleh Sinar Mas Land. Nah, Sinar Mas Land ini dalam setiap pengembangan propertinya selalu mengusung konsep green building.

Ini membuktikan bahwa Sinar Mas Land selalu memperhatikan lingkungan. Bahkan di saat pandemi ini pun, masalah lingkungan tetap menjadi perhatian dan prioritas bagi Sinar Mas Land. Contohnya, Sinar Mas Land menggelar edukasi mengenai lingkungan melalui media online, baik itu pada karyawannya, masyarakat, serta pilar usaha lainnya.

Festival Hijau BSD Ke-17
Sinar Mas Land gelar Webinar Lingkungan
Pada hari Rabu, 24 Juni 2020 kemarin misalnya, Sinar Mas Land menggelar webinar dengan pilar usaha lain dari Sinar Mas Land. Tema yang diangkat adalah mengenai “Bijak Menangani Sampah dan Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga”.

Dalam kesempatan tersebut, Ibu Maria Chatarina, selaku CSR Department Head BSD City Sinar Mas Land mengatakan bahwa dengan edukasi tersebut diharapkan masyarakat mampu mengurangi volume sampah, terutama yang dihasilkan setiap individu, baik di rumah maupun di kantor.

Festival Hijau BSD Ke-17
Ibu Monik berikan sambutan dalam acara Festival Hijau Ke-17 Sinar Mas Land
Sedangkan Ibu Monik William, selaku Deputy Group CEO Sinar Mas Land menyampaikan bahwa edukasi daring tentang lingkungan secara virtual,  yang diselenggarakan CSR Sinar Mas Land BSD City ini merupakan komitmen perusahaan dalam mewujudkan tanggung jawab sosial di bidang lingkungan, yang bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat, agar lebih peduli pada lingkungan, dengan melakukan tindakan nyata.

“Masyarakat juga perlu membudayakan gaya hidup reducereuse, and recycle atau biasa dikenal dengan 3R. Biasakan pula kita mengurangi pemakaian plastik atau bahan-bahan lain yang sulit terurai,” jelas Bapak Supendi, yang merupakan seorang praktisi dan penggiat lingkungan.

Menurutnya lagi pengelolaan sampah bertujuan menekan dampak negatif pada lingkungan, bahkan bisa membuat sampah menjadi bernilai ekonomi. Ada beberapa tahap pengelolaan sampah, seperti pisahkan sampah sesuai jenisnya, buat sampah organik menjadi pupuk, dan daur ulang sampah anorganik.

Festival Hijau BSD Ke-17
Acara diselenggarakan via daring
Nah, ternyata edukasi daring yang dilakukan oleh Sinar Mas Land ini merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Hijau BSD Ke-17, yang bertema Memberdayakan Masyarakat dalam Membangun Ketahanan Pangan. Banyak peserta yang ikut dalam edukasi daring yang digelar berturut-turut setiap minggu sejak tanggal 18 Mei 2020 tsb. Ada sekitar 260 peserta, yang terdiri dari para guru, orangtua, serta anak-anak.

Sebagai bentuk kontribusi lain terhadap lingkungan, dalam kegiatan Festival Hijau BSD Ke-17 ini Sinar Mas Land juga memberikan bantuan berupa obat-obatan penghilang bau sampah kepada Dinas Lingkungan Hidup Tangerang Selatan. Bantuan ini ditujukan untuk penanganan sampah di TPA Cipeucang, yang berada di wilayah Kota Tangerang Selatan.

Puncak dari Festival Hijau BSD Ke-17 diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom pada hari Jumat, 3 Juli 2020. Ratusan peserta festival, serta para karyawan Sinar Mas Land dan pilar usaha lain Sinar Mas Land ikut hadir memeriahkan acara tersebut.

Oiya, Dik Doank yang didapuk sebagai Duta Lingkungan dan Pelestarian Alam  rencananya akan turut hadir lho, bersama dengan para pimpinan daerah setempat, seperti Bupati Tangerang Bapak Ahmed Zaki Iskandar, serta Ibu Airin Rahmi Diany selaku Wali Kota Tangerang Selatan. Wah, dipastikan meriah acara puncak kegiatan Festival Hijau BSD Ke-17 ini ya.

Semoga kepedulian terhadap lingkungan ini tak hanya diterapkan oleh Sinar Mas Land saja, namun seluruh masyarakat kita. Bagaimana pun juga kita bisa hidup dari lingkungan yang sehat. Kalau bukan kita yang menjaganya, siapa lagi?


Foto-foto: Sinar Mas Land dan Piaxabay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar