Kamis, 09 April 2015

Pengalaman Pertama Ikut Ajang Lomba Masak

Berawal dari iseng, akhirnya membawa saya untuk ikutan sebuah ajang lomba memasak. Iyah, iseng ketika membaca di akun media sosial salah satu super market terkenal di Indonesia yaitu Carrefour, yang sedang mengadakan sebuah kompetisi memasak.

Saya pun membaca syarat dan ketentuannya. Ooh, cuma ngirim foto masakan toh! gumam saya. Foto masakan yang dikirimpun ditentukan oleh Carrefour dan resepnya bisa didapatkan di Carrefour setelah kita belanja minimal Rp 250.000,- Begitu saja, usai membaca dan saya pun melupakannya.
Sampai kemudian saya musti belanja buat kebutuhan sehari-hari. Saya biasanya belanja di mana saja, kadang di Carrefour, kadang di mini market A, kadang di super market B, suka-suka saya saja :D

Namun hari itu saya ingin belanja menggunakan voucher Carrefour yang saya dapatkan dari ngeblog hehe *salah satu anugerah menjadi blogger* :D Maka kesanalah saya belanja.

Saat membayar di kasir, total belanjaan saya lebih dari Rp 250.000,- Saya pun ingat akan lomba masak yang diadakan oleh Carrefour dan saya meminta beberapa resep masakan yang tersedia di bagian informasi.

Ada sekitar 6 resep kalau saya tidak salah ingat. Saya pun memilih resep yang saya anggap mudah dan tentu saja yang bahan-bahannya tersedia di rumah.

Yah, tidak ada salahnya mencoba membuat masakan dengan resep yang baru ini. Semua resepnya tidak ada yang aneh-aneh kok, bahan-bahannya juga gampang didapatkan dan sepertinya cita rasanya sesuai dengan selera saya deh. Namun tetap saja saya memilih resep sesuai dengan bahan-bahan yang ada di rumah saja :D

Masakan jadi, trus saya foto, selanjutnya saya makaan hehe. Fotonya pun iseng saya kirimkan ke Carrefour. Setelah itu saya pun melupakannya.

Sampai suatu hari saya di telepon oleh salah satu sponsor dalam lomba masak tersebut yaitu Open Rice yang mengatakan bahwa saya terpilih sebagai salah satu finalis (terdapat 10 finalis) untuk melaju ke babak grand final.

Bingung dan kaget, karena saya sudah lupa kalau saya pernah mengirimkan foto untuk ikutan lomba. Sampai-sampai mba yang nelpon bertanya, apakah saya pernah mengirimkan foto untuk ikutan lomba memasak. Untunglah, saya bengongnya gak pake lama qiqiqi

Lalu mba nya bilang, kalau lomba masak akan diadakan di Transmart Tangerang Center, *waduuh jauh amiir :(

Lalu mba nya bilang lagi, kalau lomba akan diadakan hari Minggu besok, *waduuh waktunya cukup nggak ya buat saya persiapan :(

Lalu mba nya bilang lagii, kalau saya harus bawa family atau teman minimal dua orang untuk menemani saya lomba besok, *waduuhberdoa semoga saudara dan teman saya belum bikin planning buat hari Minggu :(

Mba nya rada bingung juga kali ya, mendengarkan keluhan saya. Ni orang niat ikut lomba atau nggak sih! mungkin itu pikir si mba.

Iyaa, semua salah saya, yang iseng ikutan tapi nggak baca secara detail mengenai ketentuan lombanya. Setelah si mba selesai menelepon, saya pun sibuk buka web nya Carrefour untuk membaca lagi detail acara lomba ini.

Dan benar saja, saya tidak teliti nih! Di web tersebut sudah dijelaskan secara detil, bahwa 10 orang terpilih akan mendapatkan sejumlah hadiah dan berhak untuk ikut ke babak grand final yang akan diadakan di Transmart Tangerang! Dan peserta finalis diwajibkan membawa tim minimal 2 orang! Ya ampuun, saya bener-bener teledor! Dan di bagian atas postingan tertulis Famillys Cooking Competition! Ya iyalah, musti bawa family! Hadeeh *tepok jidat nyamuk!*

Akhirnya saya grasak grusuk sendiri, nelponin saudara yang ternyata bener seperti dugaan saya sudah pada punya planning. Akhirnya nyari temen yang mau diajak jalan jauh ke Tangerang sana. Susah juga, awalnya mereka bilang kalau mereka nggak bisa masak. Nggak apa-apalah, saya juga nggak bisa kok! Buat menuhin syarat aja deh! rayu saya. Lalu mereka pun mengeluhkan tempatnya yang jauh. Saya pun bilang kalau naik kereta nggak terlalu jauh. Mereka masih keberatan, hingga akhirnya saya nangis-nangis bombay dan bilang hidup mati saya tergantung di tangan kalian. Dan akhirnya dengan terpaksa mereka pun mau juga nemenin saya.. hehe *lap ingus*

Sipp, satu beres! Tinggal nyari tempatnya nih, biar gak nyasar. Saya pun sibuk bertanya sama teman-teman blogger yang sudah ngelayap ke mana-mana. Ada beberapa jalur alternatif untuk sampai ke sana. Naik bus atau naik kereta. Akhirnya saya memutuskan naik kereta yang direkomendasikan oleh salah seorang teman blogger. Kereta saja, lebih tepat waktu, begitu kata teman saya. Sipp!

Dan karena memang nggak pengalaman ikutan lomba, jadi saya santai saja. Yang penting ikutan aja deh! Begitu pikir saya waktu itu.

Nah, sesampainya di tempat lomba baru deh saya nyahoo. Para peserta sepertinya sudah persiapan semua. Ada yang bawa nampan, piring ceper yang cantik, bahan-bahan untuk garnis, pisau dan bahkan ada yang bawa bumbu masak segala. Sementara saya ke sana lenggang kangkung alias bawa badan doang alias gak bawa apa-apa, waduuh!

Sebelum lomba memasak, ada beberapa kegiatan dan lomba yang dilakukan seperti shooping race competition, Yel yel competition, demo memasak oleh koki andal, game-game seru dan kuis. Lumayanlah saya bisa dapat beberapa lembar voucher dari kegiatan tersebut :)

Lalu lomba memasak pun tiba. Semua bahan sudah tersedia di meja masing-masing. Saya dan teman saya belagak bak koki kesohor, padahal cuma lagak doang, biar nggak keliatan gak pinter masaknya hihi. Usai masak saya pun sok sibuk memberi garnis pada masakan kami, garnis ala kadarnya. Intip-intip punya tetangga kiri kanan, pada keren-keren semua. Ya udahlah, pasrah!

Dan seperti yang saya duga, saya memang tidak menang dalam lomba masak ini. Tapi paling nggak semua peserta mendapatkan voucher dan membawa pulang gudibek, haha.

Ini menjadi pengalaman pertama bagi saya untuk ikutan dalam sebuah ajang lomba memasak. Paling nggak besok-besok kalau dapat kesempatan lagi, saya sudah mengerti bahwa saya musti bawa panci, piring, pisau dan semua perabotan rumah hahaha

Nggak ding! Ini jadi pelajaran buat saya bahwa untuk lomba memasak sekalipun tidak boleh dianggap enteng. Musti rajin masak yang pasti ye, rajin ikut-ikut lomba juga boleh, dan kudu persiapan bawa alat-alat masak sendirihehe..*teteep* :D Yang penting semangaat!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar