Senin, 27 April 2020

Aplikasi yang Digunakan Selama Ramadan


aplikasi yang digunakan saat puasa ramadan

Masih bercerita seputar ramadan. Kali ini saya akan bercerita mengenai aplikasi apa saja yang biasanya atau sering saya gunakan selama bulan Ramadan. Beberapa dari aplikasi ini ada yang jarang saya buka, sedangkan beberapa lainnya masih digunakan di hari-hari lain selain bulan puasa.

Aplikasi Al Qur’an digital merupakan aplikasi yang sudah lama ada di smartphone saya. Namun Al Qur’an digital ini termasuk aplikasi yang jarang saya buka, karena saya lebih suka dan sering membaca Al Qur’an langsung di rumah.

Di bulan puasa, aplikasi ini menjadi lebih sering saya gunakan, karena bisa mendukung ibadah saya untuk bisa membaca Al Qur’an di mana saja dan kapan saja, tanpa perlu membawa-bawa kitab Al Quran. Seperti yang kita semua tahu, di bulan puasa kita dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al Qur’an agar bisa mendapatkan petunjuk dan berkah selama Ramadan.

Aplikasi lain yang sering saya gunakan adalah YouTube. Yep, YouTube! Sebenarnya aplikasi ini saya gunakan juga di hari lain selain bulan Ramadan. Cuma di saat puasa saya jadi sering menggunakannya untuk mencari dan mendengarkan tausyiah dari ustadz favorit dan pendakwah lainnya.

Tak hanya untuk melihat dan mendengarkan tausyiah, saya juga kadang mengisi waktu dengan menonton tutorial menggunakan hijab, makeup, nonton komedi, dll. Lumayan juga nonton ginian jika lagi gak ada kegiatan. Kadang lagi asik-asik nonton suka ketiduran, hihi….

Aplikasi lain yang saya gunakan saat bulan puasa adalah aplikasi pengingat waktu sholat. Selain bermanfaat untuk mengingatkan waktu sholat, sehingga saya bisa mengerjakan sholat wajib tepat waktu, aplikasi ini bisa jadi patokan juga bagi saya untuk waktu sahur dan berbuka puasa. Aplikasi ini baru saya instal di bulan Ramadan saja, karena kalau di hari biasa saya biasanya mengandalkan suara azan dari masjid dan mushola.

Aplikasi lain yang sering saya gunakan saat bulan Ramadan adalah aplikasi do’a dan dzikir. Di hari lain selain bulan Ramadan, saya biasanya hanya mengandalkan do’a dan dzikir yang sudah saya hafal saja. Namun selama bulan Ramadan, saya memanfaatkan aplikasi satu ini untuk memperbanyak membaca do’a-do’a lainnya.

Selain itu sebenarnya saya ada aplikasi lain juga yang saya gunakan saat Ramadan, yaitu aplikasi resep masakan. Tapi pada kenyataannya aplikasi ini ternyata jarang saya gunakan, dan malah sering menggunakan jasa order makanan, haha. Atau kalau gak, saya malah beli atau masak masakan yang praktis dan gak butuh baca-baca resep :D

Itu beberapa aplikasi yang saya gunakan dan manfaatkan selama bulan Ramadan. Kalau aplikasi lain seperti media sosial dan chatting jangan ditanya. Keduanya gak bulan Ramadan gak hari biasa emang sering digunakan :D Kalau kamu, apa aplikasi yang sering kamu gunakan saat Ramadan?       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar