Senin, 02 Februari 2015

Berbagi Pengalaman Itu Indah

Cerita mengenai pengalaman kerja, saya gak tau nih nyambung apa nggak sama background pendidikan saya, yaitu Manajamen Informatika. Saya juga belum lama menggeluti bidang ini. Kerja di perusahaan milik pemerintah sebagai tim peliput berbagai acara yang diadakan di sana plus mengelola media sosialnya.

Pengalaman meliput juga gak ada sebenarnya, cuma bermodalkan pengalaman jadi blogger yang ikut meliput beberapa event yang pernah diundang. Namun punya tim dan sobat yang baik di tempat kerja, membuat saya bersemangat untuk terus mencoba belajar agar bisa meliput dan menulisnya dengan lebih baik lagi.

Pertama, saya mulai dari meliput berbagai event yang diadakan di dalam gedung. Awalnya kagok, namun partner saya selalu menolong dan mengarahkan saya harus bagaimana. Mulai dari merekam event dan mencatat poin-poin penting dari acara tersebut.

Lalu setelah keberanian saya muncul, saya diajarkan lagi untuk bisa mewawancarai narasumber. Awalnya saya masih ditolong dengan daftar pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan yang dibuat oleh teman saya. Namun seiring berjalannya waktu saya mulai belajar mengajukan sendiri pertanyaan-pertanyaannya.

Bidang kepemerintahan sebenarnya bukanlah bidang yang terlalu familiar bagi saya. Saya tidak begitu mengenal istilah-istilah yang banyak beredar dan diucapkan di forum-forum percakapan di sini. Namun yah, begitulah, lama-kelamaan jadi terbiasa dan mulai tahu berbagai istilah tersebut. Apalagi saya yang harus membuat berita sehabis meliput, jadi diwajibkan tahu! *semangat!* :D

Setelah itu saya pun mulai merambah ke dunia foto memoto. Sewaktu partner saya sakit, bisa tidak bisa saya harus mampu meliput sekaligus memoto alias jadi fotografer. Untunglah sebelumnya sempat ngutak atik kamera DSLR tersebut. Jadi walaupun belum ahli-ahli banget, paling nggak saya bisa ngambil foto lah :D

Jadi bertambah lagi satu pengetahuan dan pengalaman saya. Dan sekarang saya jadi kepengen bisa ahli dalam menggunakan kamera DSLR, cuma saya belum punya aja nih! *ada yang mau nyumbang kamera?* :D

Pengalaman meliput saya yang paling jauh waktu itu adalah ke Karawang. Waktu itu saya diharuskan ikut meliput acara Menteri PPN yang akan membuka Program Beras Forti. Lumayan capek, habis waktu seharian. Belum lagi pulang dari sana saya harus bikin beritanya, namanya juga up to date, jadi harus segera sebelum beritanya jadi basi. Hufft..

Sementara untuk pengelolaan media sosialnya yaitu Facebook dan Twitter, sama seperti kita update status biasa. Bedanya kalau akun pemerintahan bahasanya kudu resmi, tidak boleh ada salah-salah tulis bahkan secara editorialnya. Tidak sama dengan akun pribadi kita yang boleh cekakak cekikik seenak udel kita :D Pun membalas inbox-inbox yang masuk, terkadang untuk jawaban yang membutuhkan bantuan dari pimpinan, saya harus lapor dulu, agar jawabannya tepat dan sesuai.

Nah, buat teman-teman yang mau nyari kerja, gak musti harus mempunyai background yang sama untuk bisa kerja. Terkadang kita malah mendapatkan ilmu baru di bidang pekerjaan tersebut. Yang penting ada kemauan dan semangat buat maju, pasti bisa!

Banyak sekali hal positif yang saya dapatkan selama bekerja di sini. Pengalaman bertambah, wawasan juga karena berteman dengan mereka-mereka yang ahli dan pintar di bidangnya. Bisa mengintip dapurnya beberapa kementerian dan tentu saja tambahan relasi :) Cuma satu yang saya keluhkan, capek bo'! Waktu bekerjanya benar-benar habis di sini. Sesampai di rumah malam, langsung tidur dan subuh-subuh sudah harus bersiap lagi untuk kerja. Hari bersama keluarga mulai menipis. Sempat berfikir untuk resign, entah mungkin nanti, sampai saya mulai merasa lelah. Saat ini masih ingin mencari pengalaman dulu deh! :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar