Jumat, 16 Agustus 2013

Pilih Ngekos atau Numpang?

Kalau ditanya pilih ngekos atau numpang, pasti rata-rata semua akan menjawab 'pilih rumah sendiri!' -_- Kalau itu saya juga mau!


Ini ceritanya ketika kamu masih single, sedang sekolah/kuliah, belum kerja, hidup di rantau dan orang tua cuma mengirim dana pas-pasan buat kamu. Jadi belum ada pilihan buat 'pilih rumah sendiri' dalam kamusmu! :P


Itu yang terjadi pada saya ketika terdampar dirantau orang. Saya yang ingin meraup ilmu disana, di kota yang dulu ketika masih kecil sering saya kunjungi dan menurut saya memesona saya ketika itu dengan gemerlap sinarnya. Dan akhirnya setelah remaja, silaunya pun menghipnotis saya untuk mengunjunginya kembali, dengan alasan menimba ilmu :)


Tetapi lain dulu lain sekarang, setelah bertahun-tahun tidak bersua, wajah kota itu telah berubah, tidak berseri seperti dulu lagi, kurang bersahabat dan asap dimana -mana. Namun disinilah saya, terlanjur terdampar. Saya yang tidak mengenal wajahnya lagi tidak tahu harus tinggal dimana. Jadilah saya menumpang di rumah salah satu kerabat yang berada paling dekat (cuma sekali naik metromini) dari kampus.


Hari pertama menumpang saya masih merasa nyaman, begitupun hari kedua dan ketiga. Namun hari hari selanjutnya saya mulai merasa kurang nyaman. Entah karena saya yang kelewat perasa atau emang saya yang kurang 'pintar-pintar'. Saya sendiri bingung, katanya kita musti rajin-rajin kalau numpang dirumah orang, lah saya musti ngerjain apa coba, semua sudah dikerjain sama mba yang bekerja dirumah itu. Pernah sekali saya mau nolong nyuciin piring yang tergeletak di bak cucian, eh si mba nya malah buru-buru ngambil alih piring, dan bilang 'gak usah non! sebaiknya non duduk aja nonton tipi'. Walo udah saya paksa dan bilang gak apa apa kok, malah pake adegan tarik-tarikan piring segala *bayangin! :D Namun si mba tetep ngeyel dengan kekehnya! Jadi dari pada terjadi tragedi piring pecah dan malah bikin berabe, akhirnya saya ngalah dan langsung ngluyur keluar dapur dan nongkrong manis didepan tipi disebelah nenek (saya numpang dirumah kakaknya nenek saya, yang sekarang cuma tinggal seorang diri karena anak-anaknya sudah berkeluarga dan punya rumah sendiri) yang kebetulan lagi nonton juga. Kami cuma ngobrol-ngobrol ala kadarnya aja, karena nenek termasuk orang yang pendiam, jadi agak kesulitan juga bagi saya yang kebetulan juga bukan tipe burung berkicau untuk mengajak beliau untuk bercakap-cakap.


Saya merasa kurang nyaman karena saya yang tidak bisa menjadi diri saya sendiri, yang setiap menitnya harus berperilaku sopan dan santun (jangan bilang saya bukan anak yang baik yah! namun kamu juga harus akui kalau kamu sendiri juga tidak melulu bisa bertahan dalam kesopanan bukan? *hayoo..ngakuu!)


Saya ini anak yang baik dan bisa juga berperilaku manis loh! :) Namun terkadang ada hal-hal lain yang susah saya ubah, seperti imsonia. Penyakit ini membuat saya suka menyambung tidur lagi setelah sholat subuh karena masih mengantuk. Namun karena menumpang, rasa kantuk terpaksa saya tahan dan memilih untuk duduk depan tipi..agaiin! :D


Hobi membaca sambil tiduran dikamar, ini juga terpaksa saya kurangi dengan alasan gak enak rasanya karena menumpang, ntar dikirain saya kerjanya tidur mulu alias malaas!


Dan banyak lagi ketidaknyamanan lainnya. Seperti saya yang hobi makan atau ngemil akhirnya dipress, ini seperti tekanan batin yang teramat sangat menyiksa batiiin *mimik merana. Namun positipnya saya akhirnya keliatan lebih langsingan deh! *benerin poni :D


Namun sebenarnya yang bikin saya merasa gak enak bener itu adalah ketika suatu hari saya yang hendak turun (saya kamarnya dilantai 2) secara tidak sengaja mendengar percakapan antara nenek saya dengan si mba. Secara garis besar nenek nanya-nanya sama si mba, saya ngapain aja di atas, pagi bangunnya jam berapa, bajunya kamu yang nyuci atau dia cuci sendiri dan lain-lainnya. Percakapan itu akhirnya membuat langkah saya urung untuk turun lebih lanjut.


Dengan langkah pelan saya pun balik ke kamar. Saya duduk terhenyak di kamar. Berbagai pertanyaan berkecamuk dibenak saya. Kenapa nenek menanyakan hal-hal itu pada si mba, apa maksudnya, apakah saya telah melakukan kesalahan, apakah nenek tidak senang dengan keberadaan saya dirumahnya, apakah saya telah mengganggu ketenangannya. Banyak lagi pertanyaan lainnya berseliweran yang tidak mampu terjawab.


Malamnya, mata ini tidak mau terpejamkan. Mungkin karena otak ini masih belum merasa tenang, masih terus berpikir. Ketika malam mulai ditelan kesunyian barulah mata ini bisa dipejamkan, dengan paksa. Dan sepertinya baru beberapa menit mata ini terpicing, raga ini telah dibangunkan oleh suara adzan subuh. Setelah melaksanakan sholat subuh saya pun mulai beberes kamar dan lanjut mandi.


Sepulang dari kuliah saya tidak langsung pulang. Saya mampir ke kost an salah seorang sahabat saya sewaktu SMA dulu yang kebetulan kostannya emang dekat dari kampus saya. Setelah ngobrol sana sini, akhirnya saya curhat sama sobat saya. Ternyata sobat saya pun dulu punya masalah yang sama dengan saya ketika menumpang dengan salah seorang kerabatnya. Jadilah kita curhat-curhatan dengan serunya, lebih tepatnya ngegosip :D Akhirnya sobatpun nyaranin saya buat ngekos di sana, karena kebetulan ada dua kamar kos yang lagi kosong. Saya pun manggut-mangut, saran yang bagus, akan saya pikirkan malam ini.


Malam itu setelah menimbang dan memikirkan secara matang, saya pun dengan hati yang mantap memutuskan untuk ngekos. Paginya saya utarakan niat saya untuk ngekos pada nenek, tentu saja dengan alasan dikampus saya sedang banyak-banyaknya kegiatan dan saya agak kesulitan musti bolak balik dari rumah ke kampus, jadi saya musti ngekos di dekat kampus agar tidak terlalu lelah dijalan. Nenek hanya terdiam kemudian bertanya dengan pelan apakah tempat kosnya aman untuk seorang anak gadis. Saya pun menjawab dengan mantap bahwa saya kos di kos kosan khusus putri, tempatnya aman dan bersih, dan saya juga punya seorang sahabat baik yang ngekos di sana. Nenekpun akhirnya berpesan agar saya baik-baik disana dan bisa jaga diri.


Dan disinilah saya, tinggal di kosan putri yang walaupun mungil namun nyaman, bersih, teman-teman kos yang baik-baik dan dengan harga yang terjangkau dikantong saya :) Saya sangat betah tinggal disana. Bisa jadi diri saya sendiri, rasanya nyaman sekali. Lumayan lama saya ngekos di sana, hingga saya menamatkan kuliah saya.


Jadi ketika di tanya, apakah saya lebih suka ngekos dibandingkan menumpang? Maka saya akan menjawab dengan lantang 'Iya!"


Mungkin beragam jawaban bila ditanya pada semua orang. Apakah kamu lebih suka ngekos atau menumpang? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar