Selasa, 04 Juni 2019

Persiapan Menyambut Lebaran


Persiapan menyambut lebaran

~ Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar.
Laa ilaa haillallahu Allahu akbar
Allaahu akbar walillahil hamd…. ~

Begitulah sebait gema takbir yang mengumandang menyambut hari kemenangan. Hari yang dirayakan oleh seluruh umat muslim yang telah berhasil melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadan.

Tak terasa bulan Ramadan sudah berakhir. Sedih memang, karena bulan yang penuh berkah ini akan berlalu, disambut dengan kehadiran bulan Syawal. Seluruh umat muslim yang telah menunaikan ibadah puasa, merayakan kemenangannya dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara bertakbir.  

Suara takbir biasanya akan menggema di malam terakhir bulan Ramadan, atau tepatnya ketika waktu magrib tiba di tanggal 1 Syawal hingga jelang sholat Idul Fitri. Bertakbir ini dilakukan oleh Rasulullah dulu. Untuk itulah salah satu tradisi umat muslim dalam menyambut lebaran adalah dengan mengikuti apa yang biasa Rasulullah lakukan, yaitu dengan bertakbir.

Selain membuat ketupat lengkap dengan lauk dan sayurnya, serta persiapan kue kering yang nanti akan dihidangkan untuk para tamu yang datang bersilaturrahmi, maka hal lain yang perlu diperhatikan adalah pakaian yang hendak dikenakan sebelum melaksanakan sholat Ied.

Rasulullah SAW memerintahkan kepada kami agar pada hari kedua hari raya memakai pakaian yang terbagus, memakai wangi-wangian yang terbaik, dan berkurban dengan hewan yang paling berharga. (HR. Al Hakim)

Pakaian di sini gak harus pakaian baru, tapi pakaian terbaik yang kita miliki. Jika memang ada rezeki lebih untuk membeli pakaian baru, ya gak apa-apa. Intinya Rasulullah menganjurkan umatnya untuk berpenampilan bersih, rapi, dan wangi menyambut hari Idul Fitri.

Untuk itu di sunahkan untuk mandi terlebih dulu sebelum berangkat melaksanakan sholat Ied. Lalu mengenakan pakaian terbaik yang dimiliki, serta mengenakan wewangian biar segar. Rasulullah juga menganjurkan pada kita untuk memakan buah kurma dengan jumlah yang ganjil sebelum berangkat ke tempat sholat.

Oya, selain tubuh dan pakaian yang bersih, jangan lupa untuk membersihkan rumah juga. Lalu mempersiapkan perlengkapan ibadah yang akan dibawa besok untuk melaksanakan sholat Ied. Jangan sampai kerepotan mencari perlengkapan sholat sehingga terlambat berangkat, dan ketinggalan rakaat. Usai melaksanakan sholat Ied, dianjurkan untuk bermaaf-maafan, terutama meminta maaf pada kedua orangtua, sanak saudara, serta pasangan masing-masing. Selamat Hari Raya Idul Fitri ya.Taqobbalallahu minna wa minkum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar