Senin, 02 September 2013

Kopdar Blogger Se-Nusantara, Sesuatu Yang Mustahil Namun Terjadi!

Pernah mendengar tentang Kopdar Blogger se-Nusantara? Jujur saya sendiri baru kali ini mendengarnya. Dan ketika mendengarnya saya langsung berpikir, apa mungkin? Pasti repot sekali mengumpulkan para blogger di se-antero nusantara yang jumlahnya mungkin ribuan. Sepertinya itu hal yang tidak masuk akal! Namun ternyata event ini pernah diadakan dan sukses! Menakjubkan!


Mungkin ada yang belum mengerti apa maksud dari Kopdar Blogger Nusantara. Kopdar Blogger Nusantara adalah sebuah acara kopi darat atau pertemuan di satu tempat antara para blogger atau pengguna internet lainnya (seperti pengguna facebook, kaskus, twitter atau yang lainnya) yang bermaksud untuk menjalin tali silaturrahmi biar menjadi lebih dekat dan akrab tidak hanya di dunia maya saja namun juga di dunia nyata/ offline.

Saya sendiri sebagai new blogger sering mengadakan kopdar dengan teman-teman blogger lainnya dalam suatu event yang sering diadakan di Jakarta, tempat dimana saya sekarang berdomisili. Dan di saat kopdaran, banyak sekali faedah yang saya dapatkan. Contohnya, saya lebih mengenal watak dan pribadi teman-teman blogger lainnya yang ternyata berbeda dengan yang saya tahu lewat dunia maya, banyaknya ilmu yang saya dapatkan ketika berbincang langsung dengan blogger yang lebih berpengalaman, bertambahnya teman yang mana sebelumnya belum saya kenal baik secara online maupun offline, belum lagi kedekatan dengan beberapa sahabat sehingga bisa menjadi bertambah akrab. Jadi acara kopdar ini saya rasa penting juga karena banyak sekali hal positif yang bisa kita dapatkan.

Walaupun pertama mendengarnya saya merasa acara Kopdar Blogger se-Nusantara ini tidak mungkin terjadi, namun kenyataannya pernah dilaksanakan pada tahun sebelumnya, yaitu tahun 2011 di kota Sidoarjo dan tahun 2012 di kota Makasar. Jadi saya pikir untuk tahun ini dan tahun-tahun mendatang mungkin juga untuk dilaksanakan. Prinsipnya: Tidak ada yang tak mungkin, jika kamu yakin! Bahkan acara Kopdar antara peserta #30HariNonStopNgeblog dengan Blogger Se-Nusantara mungkin akan lebih heboh dan lebih meriah. :)

Kapan ya waktu yang tepat untuk mengadakan acara Kopdar Blogger Se-Nusantara ini? Menurut saya waktu yang bagus adalah waktu dimana hampir kebanyakan orang bisa ambil bagian dalam acara ini, seperti hari libur bersama atau paling nggak hari Sabtu dan Minggu, sehingga tidak terlalu mengganggu jadwal kerja para blogger.

Kota yang tepat untuk mengadakan kopdaran sebaiknya kota wisata yang ada di pulau Jawa. Kenapa pulau Jawa, ini dimaksudkan agar para blogger yang berada di berbagai daerah yang lain tidak terlalu repot dengan biaya transportasi karena rata-rata biaya transportasi untuk wilayah pulau Jawa masih dirasa terjangkau di bandingkan ke daerah-daerah lainnya (menurut saya lho!), sehingga ada kemungkinan banyak blogger yang bisa hadir dan bukan hanya blogger yang mampu saja yang datang, mengingat para blogger mempunyai profesi yang beragam. Sedangkan kota wisata dimaksudkan agar para blogger yang datang dari daerah lain, selain untuk menghadiri acara kopdaran juga bisa menikmati tempat-tempat wisata yang ada di kota tersebut. Jadi, sekali merangkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui :)

Nah, sekarang kita tinggal menunggu kabar baik dari Blogger Nusantara, kapan acara akbar ini akan dilaksanakan. Pasti seru! Di tunggu lho! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar