Jumat, 24 Mei 2019

Amalan yang Dikerjakan Selama Bulan Puasa


Zikir dan tasbih

Tahukah kamu mengapa seluruh umat muslim di dunia merindukan dan menantikan kedatangan bulan suci Ramadan? Karena bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, dimana pintu ampunan dibuka yang sebesar-besarnya oleh Allah SWT. Di bulan inilah masyarakat muslim memanfaatkan kesempatan untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya.

Untuk itu, momen bulan Ramadan digunakan umat muslim untuk menunaikan berbagai ibadah dan amalan kebaikan agar mendapat pahala yang melimpah. Jika ibadah yang wajib, seperti sholat, berpuasa, serta zakat tentulah harus dikerjakan dengan baik ya. Lalu amalan apalagi yang biasanya dikerjakan di saat bulan Ramadan ini?

Pertama biasanya adalah sholat tarawih. Sholat tarawih identik dengan bulan Ramadan, karena sholat ini hanya ada dan dilaksanakan saat bulan Ramadan saja. Rata-rata sholat tarawih dan witir yang dikerjakan adalah 11 rakaat. Namun ada juga yang mengerjakannya sebanyak 21 rakaat.

Sholat tarawih ini hukumnya sunah. Bagi yang ingin mendapatkan pahala tentu saja akan mengerjakan sholat tarawih. Apalagi sholat tarawih ini hanya dikerjakan setahun sekali saja. Belum afdol rasanya puasa kalau belum mengerjakan sholat tarawih :)

Amalan kedua yang biasanya dikerjakan di bulan puasa adalah tadarus Al Qur’an. Bukan hanya asal baca Al Qur’an saja, namun juga memahami arti dan petunjuk dari tiap ayat yang dibaca. Membaca satu huruf dalam Al Qur’an maka akan dibalas dengan 10 kebaikan oleh Allah SWT, bahkan bagi yang terbata-bata membacanya akan diberikan 2 pahala.

Selanjutnya amalan ketiga yang dikerjakan di bulan Ramadan adalah sedekah. Sebenarnya sedekah bisa dikerjakan kapan saja, tidak harus di bulan puasa saja. Namun memperbanyak sedekah di bulan puasa tentu lebih baik lagi, dan diberikan pahala yang berlipat. Memberikan santap berbuka pada orang yang berpuasa  merupakan salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Sama seperti sedekah, amalan yang dianjurkan diperbanyak selama bulan puasa yang satu ini juga sebaiknya dikerjakan di hari lain selain bulan Ramadan, yaitu zikir, do’a, dan istighfar. Jangan hanya mengerjakan zikir, do’a, dan istighfar saat bulan puasa saja.

Selama bulan puasa sebaiknya perbanyak zikir, do’a, dan istighfar, terutama di tiga waktu yang dimuliakan, yaitu berdo’a di waktu berbuka puasa, berzikir di sepertiga malam terakhir, dan beristighfar di waktu sahur.

Itu baru beberapa amalan puasa yang sebaiknya dikerjakan saat bulan Ramadan. Masih ada lagi amalan lainnya, seperti itikaf, mencari malam Lailatul Qadar, umroh, zakat fitrah, berdakwah, dan lain-lain. Semoga semua amalan puasa dan ibadah yang kita kerjakan selama bulan Ramadan diterima oleh Alla SWT ya. Amiin….   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar