Jumat, 31 Mei 2019

Cara Mengisi Waktu Selama Ramadan


Cara mengisi waktu selama ramadan

Seperti yang diketahui oleh umat muslim di dunia, bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Makanya semua umat muslim berlomba-lomba untuk memperoleh berkahnya dengan rajin beribadah dan melakukan berbagai perbuatan atau amal baik.

Untuk itulah, dianjurkan bagi kita untuk mengisi waktu Ramadan dengan melakukan hal-hal yang positif, bermanfaat, dan bisa mendatangkan pahala. Apalagi di bulan suci ini, semua perbuatan baik, sekecil apapun itu akan dihitung pahalanya oleh Allah SWT.

Lalu apa aja sih yang sebaiknya kita lakukan selama bulan Ramadan? Bagi yang bekerja, mungkin disela-sela waktu kerjanya bisa mengisinya dengan membaca Al Qur’an. Walau cuma punya waktu yang sedikit, paling gak bisa membaca satu atau dua ayat usai melaksanakan sholat fardhu, atau bisa juga di saat istirahat, yang biasanya diisi dengan makan siang.

Apalagi sekarang kita sudah dipermudah dengan adanya aplikasi Al Qur’an atau Qur’an digital yang bisa di-download di smartphone. Sehingga membaca Al Qur’an menjadi lebih mudah, dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, tanpa perlu membawa kitab suci Al Qur’an.

Selain baca Al Qur’an, kamu juga bisa mendengarkan Juz Amma di smartphone kamu. Lumayan juga kan, jika sering mendengarkan Juz Amma, ada kemungkinan kamu akan bisa menghafal ayat-ayat yang dilantunkan. Alhamdulillah kan hafalan Juz Amma nya jadi nambah :)

Jelang waktu berbuka bisa juga nih mengisi waktu dengan mendengarkan tausyiah dari pendakwah atau ustadz. Tausyiahnya bisa kamu dengar dari smartphone, misalnya dari aplikasi-aplikasi gitu, atau dari livestreaming. Atau bisa juga kamu mendengarkan tausyiahnya dari layar televisi. Karena di bulan Ramadan ini biasanya televisi-televisi akan menayangkan tausyiah atau kultum jelang waktu berbuka puasa.

Jika kamu punya rezeki lebih, kamu bisa melaksanakan acara buka puasa bersama dengan anak-anak yatim. Di bulan Ramadan, memberi makan orang yang berpuasa serta anak yatim, tentu akan mendapatkan pahala berkali lipat dari Allah SWT. Orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan mendapatkan kedudukan tertinggi di surga, dan dekat kedudukannya dengan Rasulullah SAW. Semoga kita tergolong dalam hamba-hamba Allah yang selalu bertaqwa pada-Nya. Amiin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar