Minggu, 12 Mei 2019

Pengalamanku Belanja Online


Siapa yang suka belanja online? *acungkan jari yang tinggi. Apa kamu juga termasuk yang suka belanja online, atau paling nggak pernah belanja online? Atau belinya cuma saat ada promo belanja online aja? Hayoo, ngaku aja deh. Belanja online itu bukan sesuatu yang jelek dan memalukan kok! Gak ada yang salah dengan belanja online. Yekan!

Promo Belanja Online
Belanja Online
Yang pasti adalah kita mesti awas saat lagi berbelanja online. Baik waspada dari penipuan, maupun kualitas produk yang hendak dibeli. Sebelum membahas mengenai mengapa harus waspada saat hendak berbelanja secara online, aku mau tanya dulu, apa yang membuatmu mesti belanja online, atau bahkan demen belanja online?

Kalo aku dulu awalnya gegara dapat voucher belanja di salah satu e-commerce, haha. Jadilah aku registrasi dan jadi member di sana. Eh, ternyata buat member baru dapat kupon belanja senilai 50 ribu, tanpa minimal belanja. Gimana gak seneng kan :D Dari sanalah aku mulai mengenal belanja online.

Tapi itu baru awalnya. Aku merasakan banyak kemudahan yang kudapatkan dengan belanja online. Selain harga yang lebih murah dari toko offline, belanja online juga gak menguras waktu dan tenagaku. Tinggal duduk manis di rumah atau kantor, buka situs atau aplikasi e-commerce atau toko online, pilih barang yang dibutuhkan, klik, bayar, trus tinggal tunggu barangnya diantarkan. Mudah dan praktis.

Bagi mereka yang sibuk, kehadiran e-commerce dan toko online benar-benar dapat membantu mereka berbelanja kebutuhan sehari-hari atau saat mencari barang yang diinginkan. Di saat mereka gak punya waktu lebih untuk berbelanja langsung ke toko atau supermarket. Terkadang mencari produk di toko online lebih gampang dari pada mencari produknya langsung di toko-toko offline. Aku udah ngerasain sendiri. Udah capek-capek keliling mal, produknya gak ketemu. Huff….

Itu keuntungannya belanja online ya. Gak enaknya belanja online adalah saat mendapatkan produk yang gak sesuai dengan keinginan, atau di luar ekspektasi. Misalnya pakaian yang di gambar kelihatan cakep, ternyata aslinya gak sama. Warnanya lah yang pudar, jahitan yang kurang bagus, atau ukuran yang kekecilan.

Kalo aku biasanya memeriksa dulu rate dan review dari pembeli. Kalau ada reviewer yang ngasih foto, malah lebih bagus lagi. Jika rate dan review dari pembeli banyak yang kurang bagus, sebaiknya hindari berbelanja di sana. Jangan sampe tertipu dengan harganya yang lebih murah ya.  

Satu lagi yang kurang dari belanja online adalah saat butuh produknya segera. Karena biasanya produk dikirim dulu, dan itu butuh waktu. Jadi kalau butuh produk dengan cepat, susah juga kalau mau ngandelin dari belanja online. Ada sih beberapa toko online yang menyediakan layanan antar same day atau pake jasa ojol, tapi gak banyak.

Berbeda dengan belanja langsung ke toko, yang bisa melihat, mengecek, dan mencoba langsung produknya. Gak cocok dengan produknya, tinggal mlipir ke toko lain. Kalau cocok, bisa langsung bayar dan bawa pulang produknya. Bahkan kalau beruntung, di beberapa toko bisa ditawar lagi harganya, hehe….  

Promo Belanja Online
Promo Belanja Online
Nah, sejak banyak e-commerce yang bermunculan, mereka menawarkan harga yang lebih murah dari harga produk yang ada di toko-toko offline. Promo belanja online digelar untuk menarik minat pembeli. Coba aja liat saat hari-hari besar atau hari-hari tertentu, biasanya banyak promo belanja online yang diberikan oleh hampir semua e-commerce dan toko online. Siapa yang gak tergiur :D

Promo Belanja Online
Promo Belanja Online bikin kalap
Aku sendiri sekarang suka ngecek flash sale, yang hampir semua e-commerce pasang di situs mereka lho! Kali aja ada produk yang aku butuhkan lagi flash sale. Lumayan kan dapet harga murah. Etapi tetep ya, yang nomor satu tuh, aku cek dulu rate dan review dari pembeli. Kalau kurang bagus atau belum ada rate dan review, biasanya aku gak lanjut belanja di sana. Atau bisa juga belanja di mal atau store resminya.

Betewe, sebaiknya kalo mau belanja, beli barang yang dibutuhkan aja ya, jangan yang diinginkan. Apalagi kalo sampe kalap belanjanya saat ada penawaran promo belanja online. Sebaiknya kekepin dompet yang kuenceng, biar gak boros dan bikin dompet terkuras abis. Trus abis belanja, nyesel deh, karena barangnya gak kepake, huhu. Be a smart online shopper ya, Bro Sis! :)       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar