Rabu, 22 Mei 2019

Ramadan Saat Kecil

suasana ramadan saat kecil dulu

Lain dulu, lain pula sekarang. Begitupun dengan suasana Ramadan dulu dan sekarang yang saya rasakan. Kenangan Ramadan yang paling saya ingat waktu kecil dulu adalah saat duduk di bangku sekolah dasar. Beda banget deh dengan zaman sekarang.

Dulu tuh, jika sudah memasuki bulan puasa, biasanya sekolah akan diliburkan, sehingga anak-anak bisa fokus menjalankan ibadah puasa. Sebagai gantinya, guru agama meminta anak-anak untuk rutin menjalankan ibadah sholat tarawih dan witir di masjid.

Sebagai bukti absen dan agar semangat menjalankan ibadah tarawih, setiap anak diberikan sebuah buku Amaliah Ramadan. Buku tersebut harus diisi oleh anak-anak setiap hari. Di dalamnya ada isian mengenai ibadah wajib dan sunah yang sudah dilakukan oleh anak-anak. Misalnya apakah sudah mengerjakan sholat subuh, dzuhur, ashar, magrib, dan isya, serta sholat tarawih dan witir.

Selain itu tersedia juga lembaran yang bisa dicatat oleh anak-anak berupa isi atau kesimpulan dari ceramah dari ustadz yang mereka dengarkan saat sholat tarawih di masjid. Jika sudah selesai mencatat, saat sholat sudah selesai, anak-anak akan berkumpul di depan untuk meminta tanda tangan dari ustadz dan stempel dari masjid.

Jadi, dulu tuh selain membawa sajadah dan mukena, anak-anak juga membawa buku Amaliah Ramadan, pulpen, dan tip-ex :D Pergi ke mesjidnya juga bareng-bareng dengan teman sekolah atau dengan teman sepermainan waktu itu. Sesampai di masjid kita biasanya nyari tempat duduk yang dekat dengan tiang dan di barisan paling belakang, agar gak terlalu mengganggu orang dewasa yang khusuk sholatnya.

Jika bulan Ramadan sudah berganti dengan bulan yang baru, buku sudah harus terisi semua. Nanti jika mulai masuk masa sekolah, guru agama akan meminta agar buku Amaliah Ramadan masing-masing anak dikumpulkan. Jika ada yang tidak mengumpulkan atau tidak mengisi buku tersebut, maka akan mendapatkan sanksi atau nilai agamanya akan dikurangi.

Nah, suasana seperti ini yang mulai tak nampak saat ini. Tak ada lagi buku Amaliah Ramadan yang saya lihat dibagikan pada anak-anak. Anak-anak pun ada yang rajin sholat tarawih ke masjid dan ada juga yang nggak. Semua hanya tergantung dari ajaran yang diterapkan oleh masing-masing orangtua pada anaknya.

Begitulah pengalaman Ramadan masa kecil saya yang penuh dengan kehangatan dan yang pasti sangat seru. Kalau anak zaman now mungkin punya caranya sendiri dalam menikmati indahnya Ramadan ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar