Rabu, 29 Mei 2019

Pentingkah Beli Baju Lebaran


~ Baju baru, Alhamdulillah
Tuk dipakai di hari raya
Tak punya pun tak apa-apa
Masih ada baju yang lama ~


Ada yang tau dengan lagu yang pernah dinyanyikan oleh Dea Ananda ini? Baeklah baeklah, lagu ini mungkin yang tau cuma angkatan 80 dan 90 an :p Tapi lirik lagu ini cocok banget dengan saya. Bahwa mau beli baju lebaran atau gak, bagi saya sama aja :D
Ya, gak maksa juga harus ada baju lebaran. Kalau ada rezeki dan lagi mood beli ya beli aja. Namun kalau gak ada gimana? Masa harus maksa. Pun kalau ada rezeki juga, trus saya nya gak begitu berminat beli baju lebaran, saya gak akan beli. Toh masih ada baju lama yang bagus dan bisa dipakai. 
Pentingkah beli baju lebaran?

Hal ini saya terapkan juga pada anak saya. Bahwa lebaran itu gak semuanya harus serba baru. Merayakan kemenangan setelah melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadan, tak harus dengan memaksakan diri membeli barang baru, termasuk baju baru. Inti dari hari raya Idul Fitri adalah bersilaturrahmi dan saling maaf memaafkan, sehingga kita bisa kembali fitrah. Seperti kelanjutan dari lirik lagu di atas.

~ Hari raya Idul Fitri
Bukan untuk berpesta-pesta
Yang penting maafnya lahir batinnya.
Untuk apa berpesta-pesta
Kalau kalah puasanya
Malu kita kepada Allah Yang Esa ~

Tapi itu bukan berarti saya gak pernah membelikan baju lebaran pada anak saya. Sesekali saya belikan juga baju lebaran, namun yang penting dia tahu bahwa itu gak wajib. Kalau pun gak beli baju lebaran, bukan berarti dia harus pakai baju lebaran tahun sebelumnya XD Baju tahun lalu sepertinya sudah gak muat lagi buatnya :D

Kalau pun beli baju lebaran, biasanya baju tersebut akan digunakan selanjutnya untuk pakaian sehari-hari, dan bukannya disimpan, lalu kemudian digunakan untuk lebaran tahun depan XD Nggak, nggak seperti itu juga sih. Maksudnya, jika pun tidak beli baju lebaran, dia masih bisa gunakan baju yang saya beli sebulan sebelumnya. Gitchuuu….. Yang penting puasanya lancar dan berkah yaaa :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar