Rabu, 15 Mei 2019

5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Puasa

Puasa merupakan kegiatan yang rutin dan wajib dilaksanakan setiap bulan Ramadhan oleh umat muslim di seluruh dunia. Tidak makan dan minum merupakan hal wajib yang harus dilakukan selama puasa. Begitupun dengan menahan segala hawa nafsu, seperti amarah dan syahwat.

Nah, selain itu ternyata ada beberapa hal lain yang sebaiknya dihindari juga saat puasa, atau yang disebut makruh jika dikerjakan selama berpuasa. Beberapa hal ini mungkin ada yang belum mengetahuinya. Berikut 5 hal yang sebaiknya dihindari tersebut.

1. Bergosip
Semua pasti sudah tahu kalau bergosip atau melakukan ghibah merupakan hal yang tidak baik. Seperti yang pernah kita dengar bahwa ghibah itu ibarat orang yang memakan bangkai saudaranya sendiri. Jika bergosip di hari biasa saja sebaiknya dihindari, apalagi selama puasa. Sebaiknya jangan bergosip selama berpuasa ya agar ibadah puasa kita jadi lebih berkah.

2. Sikat Gigi Saat Puasa

sikat gigi saat puasa
Sikat gigi saat puasa
Sebenarnya tak ada larangan sikat gigi saat puasa. Namun ada baiknya jika kegiatan sikat gigi ini dilakukan sebelum waktu imsak dan setelah waktu berbuka puasa atau sebelum tidur di malam hari.

Namun bagaimana kalau lupa menyikat gigi di waktu tersebut? Demi kesehatan gigi, menyikat gigi diperbolehkan kok saat sudah puasa. Jika memungkinkan menyikat giginya tanpa menggunakan pasta gigi. Namun jika merasa kurang nyaman dan tak bersih tanpa pasta gigi, bisa gunakan pasta gigi, namun pastikan rasa pasta giginya tidak sampai masuk ke kerongkongan ya.

3. Mencicipi Makanan
Ini nih yang jadi satu permasalahan bagi ibu-ibu biasanya saat memasak makanan saat puasa. Jika masakan tidak dicicipi, takutnya masakannya kurang enak rasanya. Beberapa ulama ada yang mengatakan, jika diperbolehkan mencicipi masakan asalkan jangan sampai tertelan. Usahakan jangan sampai mencicipi masakan hingga berulang kali, untuk menghindari makanan yang dicicipi masuk ke tenggorokan.

4. Berkumur-kumur yang Berlebihan

sikat gigi saat puasa
Kumur-kumur
Wah, berkumur-kumur kan mesti dilakukan saat mengambil wudhu’. Apakah gak boleh? Tentu saja boleh saat mengambil wudhu’, asalkan jangan sampai berlebihan atau sengaja berkumur-kumur agar mulutnya terasa lebih segar hingga gak sengaja airnya tertelan. Sekecil apapun air yang masuk ke kerongkongan, dapat membatalkan puasa lho! Jadi ada baiknya dihindari aja berkumur yang berlebihan ya.

5. Tidur Terlalu Lama
Ada hadis yang menyebutkan bahwa, “Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do’anya adalah do’a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan.”

Tidur yang dimaksudkan ibadah di sini adalah daripada melakukan hal yang kurang baik yang dapat membatalkan puasa, maka lebih baik tidur. Namun jangan disalah artikan bahwa selama puasa dibolehkan tidur saja sepanjang hari hingga beduk magrib. Tidur sepanjang hari selama berpuasa dan tidak melakukan aktivitas apapun dapat mengurangi berkah puasa itu sendiri.

Kelima hal tersebut di atas makruh dikerjakan selama puasa. Bahkan ada yang diantaranya membatalkan puasa sehingga diharuskan meng-qadha atau mengganti puasanya. Sebaiknya dihindari mengerjakannya saat puasa ya. Semoga puasa kita lancar dan berkah. Amin :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar